Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram mengingatkan wirausaha harus dimulai menggunakan inovasi dan kreativitas.

Hal itu bertujuan memberi nilai tambah pada produknya.

Agus tak ingin para wirausaha atau pengusaha pemula hanya ingin berdagang saja. Melalui kreativitas, Agus yakin wirausaha yang handal bisa menghasilkan hal berbeda.

“Orang – orang muda didorong agar pola pikir wirausaha bukan sekedar pedagang,” ujar Agus, Senin (19/9/2016).

Agus mengatakan seorang wirausaha akan memberi nilai tambah pada produk yang akan dijualnya. Agus mencontohkan, pada microphone tersebut diberi desain sehingga bentuknya lebih menarik dan harga jualnya meningkat lebih tinggi.

Agus menyebutkan ada lima syarat menjadi wirausaha, yaitu 1. Knowledge (pengetahuan); 2. Skill (keterampilan); 3. Network (jejaring/pertemanan); 4. Opportunity/Challenge (menciptakan atau memanfaatkan peluang); 5. Mental Attitude (sikap perilaku).

Agus memaparkan, untuk memulai sebagai wirausaha ada tiga hal yang harus pertimbangkan, pertama produk apa yang ingin dijual, kedua memastikan apakah produk tersebut bisa terjual dan ketiga menentukan target pasar.

“Memulai bisnis itu tidak sesulit kata orang. Asalkan sudah ada barang (atau jasa/layanan) yang akan dijual dan jaga kepercayaan terhadap pelanggan atau pembeli baik saat menjual maupun purna jualnya,” jelas Agus. (*)

LEAVE A REPLY