Mereka Poligami, Mereka Bahagia

0
1292

ISLAM membolehkan seorang laki-laki memiliki dua istri atau lebih. Namun tetap dibatasi hanya sampai 4 saja. Hal ini berdasarkan pada ayat Al-Quran Surat An-Nisa ayat ke 3.

“Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilama kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi ; dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya,” (An-Nisa/4 : 3).

Dalam ayat di atas, terdapat penekanan, jika tidak bisa berlaku adil maka nikahilah seorang saja. Karena dalilnya jelas, maka poligami tidak dilarang dalam Islam. Islam membolehkan asalkan mampu berbuat adil.
Banyak orang yang mencibir soal poligami ini. Poligami dinilai menyakiti hati wanita. Padahal, semua yang dibolehkan oleh syariat, tak akan merugikan mereka yang menjalankan. Berikut ini ada 3 public figure yang melakukan poligami, namun tetap mesra dengan istri-istrinya. Siapa saja?

1 . KH. Arifin Ilham
Ayah dari Alvin Faiz ini, sebelumnya hanya memiliki dua istri saja. Namun, baru-baru ini, dalam akun media sosialnya, KH. Arifin Ilham mengunggah video yang menampakkan sosok istri ketiganya. Dalam Video tersebut, KH. Arifin tampak memberikan nasihat seputar keluarga. Sedang ketiga Istrinya duduk mendengarkan dengan khidmat. Dalam kesehariannya, saat belum ada istri ke 3, kedua Istri KH. Arifin Ilham sering menunjukan keakrabannya. Hal itu terlihat dari foto-foto yang diunggah di media sosial.

2. KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym)
Kiai yang sering disapa dengan sebutan Aa ini juga memiliki dua Istri. Meski sempat diuji, kini keluarga mereka sangat harmonis. Beberapa kali teh Ninih dan teh Rini terekam keakrabannya. Teh Rini juga sangat dekat dengan anak-anak Aa Gym dengan teh Ninih.

3. Jamil Azzaini
Penulis Kubik Leadership dan beberapa buku best seller ini juga memiliki dua orang istri yaitu Dwiani Juliastuti dan Sofie Beatrix. Jamil mengaku dengan berpoligami keluarganya bahagia 95 %. 5% lagi tentu ada saja ujian dan itu sama seperti mereka yang hanya memiliki istri satu. Namun, masyarakat selalu mempermasalahkan yang 5%.

Tips agar sukses berpoligami menurut Jamil Azzaini adalah didik dan beri yang terbaik.

“Kalau punya istri baru, yang lama jangan ditinggal, begitu juga sebaliknya,” tegasnya saat mengisi training keluarga sakinah di pesantren Hidayatullah Surabaya, Ahad (10/4/2011). []

LEAVE A REPLY