Persiapan Bom Mosul, Perancis Kirim 8 Jet Tempur ke Irak

0
1406
MOSUL – Setidaknya delapan jet tempur Prancis dikirimkan untuk menjalankan operasi ke markas terakhir Islamic State di Irak, Mosul. Dilaporkan, pesawat-pesawat jet itu lepas landas dari kapal induk Charles de Gaulle pada 30 September.

Dilaporkan, hingga kini masih belum diketahui operasi militer apa yang akan dilakukan oleh pilot-pilot di jet tempur Rafale itu.

Sebagaimana dikutip dari Associated Press (AP), Sabtu (1/10/2016) pejabat di Kementerian Pertahanan Prancis menekankan operasi pemboman itu bukan sebagai awal serangan ke Mosul.

AFP serta AP sempat menyaksikan ketika pesawat-pesawat itu lepas landas dari kapal induknya yang sedang berada di wilayah Mediterania timur. Fotografer AFP menyebut ia menghitung setidaknya ada delapan jet tempur yang lepas landas dari kapal induk Charles de Gaulle.

Media di Prancis RTL menyebut 24 pesawat tempur akan ikut pada operasi tersebut. RTL melaporkan, pesawat-pesawat itu masing-masing dilengkapi oleh bom dengan sensor laser yang memiliki bobot 250 kilogram.

Selain Prancis, pada pekan ini Amerika Serikat juga mengirimkan sekitar 600 tentaranya ke Irak untuk membantu militer negara tersebut melancarkan operasi pembebasan Mosul. Mosul merupakan kota kedua terbesar di Irak yang direbut oleh Islamic State (ISIS) semenjak 2014.

LEAVE A REPLY