Bantahan untuk Film The Santri yang Menyesatkan Ummat

0
59

Sebenarnya diawal tau film the santri saya tidak terlalu peduli dengan film ini. Saya menyangka dengan judul “The Santri” film ini akan menggambarkan bagaimana layaknya kehidupan sehari-hari santri di pesantren.

Ternyata sangkaan saya salah. Begitu mengetahui viralnya penolakan kepada film ini saya langsung melihat trailernya. Begitu melihat betapa kagetnya isinya adalah :

1. Ada 2 orang santriwati menyerahkan seserahan seperti nasi tumpeng ke pendeta didalam gereja.

Mereka berdua masuk kedalam gereja dan menyerahkan.

Sejenak saya langsung emosi melihatnya.

2. Didalam film ini ada satu santri dan santriwati lirik2an seperti pandangan mata nakal dan agak tajam.

Keduanya saling lirik2an. Melihat ini saya langsung geleng2 kepala.

Dan akhir dari trailer ini di shootingnya patung liberty milik amerika serikat.

Dalam benak saya langsung bertanya-tanya :

“Maksud film ini tu apa?”

Film ini secara tidak langsung mengandung beberapa poin :

1. Penyesatan aqidah Ummat Islam

Kenapa saya katakan penyesatan Ummat Islam?

Karena didalam film itu terdapat 2 orang santriwati ke gereja membawa seserahan seperti nasi tumpeng dan menyerahkannya ke pendeta.

Ini sangat fatal karena didalam Islam dilarang masuk ke rumah ibadah orang lain. Apalagi sampai menyerahkan seserahan kepada pendeta didalam gereja.

Ini tentunya bertentangan dengan Syari’at Islam dilihat dari berbagai segi :

1. Hukum

Sedangkan Hukum masuk kerumah Ibadah orang-orang kafir adalah Makruh menurut Mazhab Hanafi.

Kenapa? Karena rumah ibadah mereka

*مجمع الشياطين*

*_Tempat berkumpulnya setan. (Kitab Hasyiyah Ibnu Abdiin Jilid 1 Halaman 380)._*

2. Menyerupai orang-orang kafir

Mereka yang membawa seserahan di gereja pengennya diangap oleh orang-orang kafir sebagai orang yang toleransi. Padahal jauh sebelum mereka membuat film itu baginda Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sudah mengajarkan bertoleransi kepada orang-orang kafir.

Dari Ibnu Umar, Nabi Shallallahu ‘’Alaihi Wa Sallam bersabda :

*مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ*

*_Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka. (HR. Abu Daud, Hadist No. 4031)._*

Didalam hadist lain disebutkan :

Dari Abu Sa’id Al-Khudri Rodhiyallahu ‘Anhu, dia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda :

*لَتَتَّبِعُنَّ سَنَنَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ شِبْرًا بِشِبْرٍ وَذِرَاعًا بِذِرَاعٍ حَتَّى لَوْ دَخَلُوا فِى جُحْرِ ضَبٍّ لاَتَّبَعْتُمُوهُمْ , قُلْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ آلْيَهُودَ وَالنَّصَارَى قَالَ : فَمَنْ ؟*

*_Sungguh kalian akan mengikuti jalan orang-orang sebelum kalian sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta sampai jika orang-orang yang kalian ikuti itu masuk ke lubang dhob (yang sempit sekalipun), pasti kalian pun akan mengikutinya. Kami (para sahabat) berkata : “Wahai Rasulullah, apakah yang diikuti itu adalah Yahudi dan Nasrani? Beliau menjawab : Lantas siapa lagi? (HR. Muslim, Hadist No. 2669)._*

3. Film the santri tidak mencerminkan sikap dan akhlak santri.

Bagaiamana akhlak santri di pesantren?

Mereka tidak pernah ketemu satu sama lain. Sekalipun misalnya jalan ke suatu tempat berpapasan, maka satu sama lain saling menundukkan pandangannya.

Bukan seperti didalam film the santri yang berpapasan saling menatap dengan tatapan nakal dan tajam serta menggoda. Na’udzubillah.

Ini bukan cerminan sikap dan akhlak santri. Ini film konyol tentang santri yang pernah ada sepanjang sejarah. Sekali lagi : *_”Ini film konyol yang pernah ada tentang santri sepanjang sejarah”._*

4. Sutradara film ini tidak kenal Islam, apalagi kehidupan seorang santri.

Lalu bagaimana mungkin kemudian film ini dibuat atas nama santri? Jika mengatasnamakan santri berarti mengatasnamakan santri seluruh Indonesia. Padahal sikap dan akhlak santri sangat bertentangan dengan isi didalam Videonya.

Menyerahkan sesuatu kepada yang bukan ahlinya, maka tunggulah kehancurannya.

5. Didalam penutup trailer terdapatnya patung liberty amerika.

Ini maksudnya apa? Mau menunjukkan bahwa Islam itu respek kepada semua agama? Konyol konyol dan super konyol.

Islam itu mengajarkan toleransi, bahkan apabila misalnya orang tuanya sekalipun bukan beragama Islam seorang muslim harus tetap menghormatinya.

Tapi bukan berarti kebablasan seperti di film the santri ini.

Allah Berfirman :

*إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ وَمَا اخْتَلَفَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ إِلَّا مِنْ بَعْدِ مَا جَاءَهُمُ الْعِلْمُ بَغْيًا بَيْنَهُمْ وَمَنْ يَكْفُرْ بِآَيَاتِ اللَّهِ فَإِنَّ اللَّهَ سَرِيعُ الْحِسَابِ*

*_Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al-Kitab (Yahudi dan Nasrani) kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya. (QS. Ali Imran : 19)._*

Sungguh film ini menyesatkan sekali. Dan ditakutkan membuat kaum muslimin meniru seperti itu. Dan ini sangat sangat bertentangan dengan Syari’at Islam.

Film ini mempunyai unsur liberal dan penyesatan aqidah Ummat Islam serta pelecehan kepada semua Pondok Pesantren seluruh Indonesia yang menggambarkan santri itu pandang2an, tatap2an dan diperbolehkan seperti itu. Dan terdapat unsur bahwa seakan-akan pesantren membolehkan pacaran.

Saya perwakilan dari seluruh santri Riau yang dulunya pernah nyantri menolak keras film ini karena film ini sama saja melukai hati kami sebagai santri.

Santri bukan seperti yang ada di Film ini.

Demi Allah saya dan santri-santri Riau lainnya tidak terima dengan Film ini. Dunia akhirat tidak terima.

MUI Pusat harus tegas dalam hal ini dan segerakan mungkin memfatwakan haramnya film ini tayang atau memfatwakan haramnya menonton film ini. Karena isinya penyesatan aqidah dan pelecehan kepada seluruh pondok pesantren seluruh Indonesia yang seakan-akan santri itu seperti yang ada di film itu. Na’udzubillah.

Satu kata untuk film the santri ini : “Menyesatkan”
(Dari seorang santri Riau )

LEAVE A REPLY