Fakta-Fakta Khabib Nurmagedov, Muslim Pertama Jawara Dunia UFC

0
808

NAMA Khabib Nurmagedov, petarung bebas Ultimate Fighting Championship (UFC) asal Rusia itu tengah ramai dibicarakan warganet dalam dua hari ke belakang. Khabib yang merupakan seorang Muslim taat, sukses mengandaskan Conor McGregor di ronde keempat dan mempertahankan gelar juaranya.

Pertarungan Khabib vs McGregor di T-Mobile Arena, Nevada, Las Vegas, Amerika, yang disebut-sebut sebagai pertanduingan MMA termahal tahun ini, diwarnai isu rasial dan islamfobia yang kencang dihembuskan tim McGregor yang berasal dari Irlandia.

Tim McGregor diduga menghina agama Khabib, dan bahkan menyebut pelatih dan ayah Khabib seorang teroris. Pertarungan yang berakhir dengan kericuhan ditenggarai karena Khabib murka terhadap McGregor yang menghina agamanya.

Ya, Khabib seorang muslim. Agama dan keyakinan Khabib adalah satu dari sekian banyak fakta menarik dari seorang jawara duni UFC asal negeri Beruang Putih itu. Berikut fakta-fakta seputar Khabib Nurmagedov:

Muslim Pertama Juara UFC

Khabib menjadi atlet Muslim pertama yang menjuara. Khabib merupakan seorang Muslim asal Dagestan, Rusia. Sepanjang karir profesionalnya dalam MMA dia telah meraih kemenangan sebanyak 27 kali, tanpa kekalahan satupun.

Tak sampai di situ, catatan prestasi Khabib semakin gemilang diman pada April lalu, Khabib sukses menjadi juara dunia UFC. Pencapaian tersebut sekaligus mencatatkan sejarah sebagai atlet muslim pertama yang juara olahraga lintas ilmu bela diri yang berbasis di Amerika Serikat.

Lahir di Tengah Lingkungan Bela Diri

Khabib yang kini berusia 30 tahun, lahir pada 20 September 1988 di daerah Makhachkala Dagestan, Rusia.

Perlu diketahui, Makhachkala Dagestan wilayah yang dikenal banyak melahirkan atlet-atlet beladiri seperti gulat, judo, dan sambo. Menjadi hal yang lumrah jika semenjak kecil anak-anak sudah belajar beladiri.

Khabib sendiri sudah belajar bela diri sejak usia 6 tahun. Ia pernah mempelajari gulat dan juga sambo. Terlebih ketika muda, ia sering terlibat perkelahian di wilayahnya sebelum akhirnya memutuskan untuk terjun ke dunia Mixed Martial Arts (MMA).

Fakta yang satu ini mungkin tak banyak yang tahu kalau ternyata Khabib memiliki kedekatan dengan mega bintang sepak bola, Cristiano Ronaldo. Hal itu diketahui usai dirinya menyempatkan diri untuk menyaksikan laga Real Madrid vs Real Sociedad, di mana CR7 mencatatkan hattrick.

Usai pertandingan, Khabib memiliki kesempatan untuk bisa bertemu dan berbincang dengan pemain yang kini membela Juventus. Saat itu ia pun menghadiahi rambut palsu pirang yang biasa dikenakannya setiap selesai bertanding kepada Ronaldo.

Khabib juga sempat mengajak peraih lima kali Ballon d’Or untuk menyaksikan laga dirinya melawan McGregor jika memiliki waktu yang luang. Namun pada laga yang berlangsung tadi, Ronaldo tidak nampak hadir mendukung Khabib. []

LEAVE A REPLY