Figur Keseharian Bupati Sukiman Yang Membuat Bawahannya Nyaman

0
73

Rokanhulu_ Banyak yang belum mengetahui, kendati berlatar belakang militer, tapi profil dan tipe keseharian pak H Sukiman, Bupati Rokan Hulu adalah figur yang suka bercanda dengan orang di sekitarnya, termasuk dengan bawahannya.

Tidak jarang di sela sela melaksanakan tugas di kantor dan acara tertentu, beliau sering bercanda, baik dengan pegawai, wartawan, staf protokoler dan masyarakat, walau terkadang hanya menyangkut hal sepele, sehingga membuat suasana cair.

Menurut beberapa mantan pejabat Pemkab Rohul yang sudah pensiun, karena figur dan tipe tersebut, para bawahan Sukiman selalu merasa nyaman melaksanakan tugas di bidang kerja masing masing.

“Iya, sifat terbuka dan sering bercanda pak Sukiman itu membuat kami bawahannya merasa nyaman melaksanakan tugas, ” kata Sri Hardono, mantan pejabat Eselon 2 yang kini sudah pensiun.

Menurut Sri, tipe Bupati Rohul itu yang juga disukai bawahannya adalah memberi kewenangan tugas sepenuhnya kepada seorang pejabat di bidang tertentu serta tidak mau terlalu jauh ikut campur. Termasuk di lembaga atau organisasi lain, seperti Pengelolaan Islamic Centre misalnya.

“Kalau sudah memberi kepercayaan terhadap pejabat tertentu, beliau tidak terlalu jauh lagi ikut campur atau intervensi. Sehingga tiap ada yang menanyakan atau mempersoalkan beliau mempersilakan untuk menemui orang yang sudah dipercayanya, ” kata mantan Kadis Pertanian dan Kadishutbun Rohul itu.

Sementara dimata mantan pejabat lain, Sukiman adalah atasan yang tidak mau berbelit belit dalam urusan birokrasi alias bisa ditemui di rumah atau di jalan, apalagi kalau itu menyangkut urusan penting daerah.

“Pernah pada suatu hari saya harus minta persetujuan Bupati terhadap berkas yang harus segera dikirim ke pusat esok hari, sementara hari sudah hampir dini hari,” cerita pejabat yang tak mau ditulis identitasnya itu.

Pejabat kepala OPD itu lalu mencoba menghubungi Sukiman yang saat itu sedang dalam perjalanan dari Pekanbaru menuju Pasir Pengaraian.

“Akhirnya saya disuruh berangkat dari Pasir Pengaraian menuju Pekanbaru dan janjian bertemu di jalan saja, sehingga saat mobil berpapasan dan berhenti saya langsung menyodorkan berkas untuk diteken, wajah Pak Bupati terlihat letih dan baru saja tiduran di mobil, sementara disamping belau terlihat Ibuk Bupati juga sedang tertidur, ” kata Kepala OPD membidangi proyek proyek itu.

Sukiman juga selalu menghargai serta Meminta masukan masukan, terutama terhadap hal hal yang belum didalaminya.

“Beliau tidak membuat target target khusus, kita yang diberi keleluasaan membuat target kinerja atau target lainnya, sehingga beliau menunggu laporan realisasi atas target yang kita buat sendiri, ” kata seorang pejabat lain. (Tim)

LEAVE A REPLY