Ngeri! Banyak Remaja yang Kini Sering Borong komix Teryata!!

0
1239

Waras-Penyalagunaan obat Komix di kalangan remaja sudah menjadi rahasia umum. Sebab, obat pereda batuk ini malah dijadikan minuman oplosan yang memabukkan. Biasanya, obat ini dicampur dengan minuman suplemen.

Salah seorang pedagang, Safar mengatakan, Komix yang dijualnya sering diborong dalam jumlah banyak. “Kalau mereka belinya satu berarti memang buat obat batuk. Tapi kalau banyak memang mereka pakai buat campur ke minuman,” ungkapnya kepada Kaltara Pos.Lanjut dia, obat batuk itu biasa dibeli paling banyak sepuluh bungkus. Sedangkan yang paling sedikit lima bungkus. Dia juga mengaku, kalangan yang biasa membeli barang ini berusia sekitar 20 hingga 23 tahun. “Kalau remaja itu belinya obat Panadol atau Bodrex. Tapi kalau usia dewasa sekitar 20-an itu mereka belinya Komix,” tambah pria yang menjual sembako dan obat-obatan ini.

Sementara, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nunukan, dr. Dhulman mengatakan, yang harus dilakukan saat ini adalah membatasi penjualan obat-obatan ini. Pasalnya jika diperjualkan oleh pedagang maka tidak akan terkontrol. “Kalau apotek tidak mungkin mereka jual dengan jumlah banyak. Mereka punya aturan, dan di beberapa kesempatan akan ada pemeriksaan dari BPOM,” terangnya.

Kata dia, penggunaan obat berlebihan juga dapat mempengaruhi kesehatan pengguna. Dari beberapa kasus yang sempat ditangani, ada beberapa pasien yang mengalami stroke dengan usia yang terbilang muda. Hal ini juga salah satu penyebabnya dikarenakan minuman keras.

“Biasanya orang stroke itu usianya sekitar 60 tahunan. Tapi pernah beberapa kali saya tangani masih usia muda sudah kena stroke. Setelah dicari tahu, ternyata salah satu penyebabnya adalah penggunaan miras,” tutupnya.

LEAVE A REPLY