Rezim Suriah Kuasai 95 Persen Aleppo Timur

0
515
MOSKOW – Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, pasukan pemerintah Suriah sukses mengusasi sekitar 95 persen wilayah Aleppo timur. Tentara Suriah hanya perlu merebut beberapa lingkungan lagi di kota tersebut.

“95 persen wilayah Aleppo timur saat ini berada di bawah kontrol pasukan pemerintah Suriah,” kata Kementerian itu dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Senin (12/12).

Selain itu, Kementerian itu juga menyebut, sejak awal operasi pemebasan Aleppo yang digelar sejak pertengah November lalu lebih dari 2.200 pemberontak telah menyerahkan diri, dan saat ini sudah dibawa ke Aleppo barat.

“100 ribu warga sipil juga telah meninggalkan kota tersebut sejak operasi di Aleppo dimulai,” sambung Kemhan Rusia.

Aleppo sendiri merupakan kota terbesar dan paling terdampak konflik yang sudah lima tahun berlangsung di Suriah. Kota ini terbagi dua, yakni bagian barat dan timur, dimana bagian barat sudah sedari awal dikuasi oleh pemerintah Suriah.

Bila Aleppo sepenuhnya dikuasi oleh pemerintah Suriah, maka ini akan menjadi kemenangan terbesar bagi Damaskus, yang kekalahan terbesar bagi pemberontak.

Presiden Suriah Bashar al-Assad sempat menyebut, walaupun tidak akan secara instan menghentikan perang di Suriah, tapi kemenangan di Aleppo setidaknya bisa menjadi awal dari akhir konflik berdarah di negaranya.

LEAVE A REPLY