wisata terbaru di Rokan Hulu Wisata Alam Sherena Stable

0
46

Wisata Alam Sherena Stable (WISS) hadir dengan konsep wisata alam dan wisata edukasi di Rokan Hulu, tempat wisata ini  terletak di jalan  Teddy, Lintam RT 07 RW 03 kota Ujung Batu.  Wisata yang ditawarkan juga bermacam-ragam, mulai dari wisata keluarga, rekreasi, edukasi, kebun binatang mini, latihan memanah, dan latihan berkuda serta wisata keluarga.  Untuk aktivitas keluarga,  Sherena Stable menyediakan Camping Ground, hutan kota dan tempat santai di restoran, Sherena Stable memang disetting sebagai wisata keluarga sembari edukasi bagi anak-anak.  Wisata Sherena Stable mempunyai lahan 4,5 hektar  di area strategis yang mudah diakses.

“Segala sesuatu yang tidak berkaitan dengan zikir dan menyebut nama-Nya maka itu adalah senda gurau semata, kecuali empat perkara yakni memanah, latihan menunggang kuda, bermain dengan keluarga, dan belajar berenang”  Hadist ini menjadi pondasi kuat bagi pemilik tempat wisata ini yaitu Bapak Andi Sidomulyo untuk menghadirkan latihan berkuda di Sherena Stable.

Sebagaimana beliau memaparkan kembali “Diceritakan dalam sebuah kisah bahwa kepandaian memanah adalah kunci kemenangan pasukan yang dipimpin oleh Sultan Muhammad Al-Fatih saat berjuang merebut Konstatinopel pada abad ke-14. Pasukan Alfatih terlebih dahulu berenang mengarungi Selat Bosphorus, kemudian berkuda sembari melepaskan ribuan anak panah untuk mengobrak-abrik pasukan musuh. Hingga akhirnya, mereka berhasil merebut kemenangan”.

Kemenangan demi kemenangan di Abad sebelumnya diraih dengan kepiawaian, berkuda, memanah dan berenang.  Termasuk juga berkuda sebagai transportasi yang diandalkan di zamannya, sangat kontras dengan zaman sekarang dimana alat transportasi diganti dengan alat-alat dari kecanggihan teknologi.

Kuda-kuda yang ada di Sherena Stable bukan hanya dijadikan sebagai latihan dan rekreasi bagi masyarakat melainkan juga sering mengikuti event-event tingkat nasional maupun internasional.

Seperti tahun lalu Sherena Stable mengutus 4 orang Rider berkuda pada ajang lomba Asia Friendly Endurandce Ride, dimana dalam even tersebut diikuti 10 negara.  Event ini sangat populer karena  sangat beresiko karna menguji kemampuan berkuda dengan Jarak tempuh  40 sampai 300 Kilometer.

Tercatat Sherena Stable sudah mengantongi juara satu dan juara dua pada lomba berkuda tingkat Asia.  Sementara untuk lomba tingkat nasional sudah sering menjadi juara.

Pengelola dan Pelatih kuda, Bapak Ahmad mengatakan bahwa kuda-kuda di Sherena Stable terutama kuda-kuda yang dipakai untuk perlombaan kelas berat atau kelas tinggi itu kebanyakan dipakai kuda dari Australia.  Dan ada juga beberapa kuda di Sherena Stable yang peranakan Australia, induknya dari luar tapi beranak di Indonesia.  Kemudian ada juga kuda asli Indonesia yang didatangkan dari Sumatra Barat.

LEAVE A REPLY