Tentara Myanmar Tembak Mati 25 Warga Rohingya Rakhine

0
523

Naypyidaw: Tentara Myanmar mengklaim telah menembak mati 25 orang di desa Muslim Rohingya, tepatnya di Rakhine, Myanmar. Diketahui pada Sabtu 12 November kemarin, tentara Myanmar melancarkan serangan dengan helikopter di desa-desa Rohingya.

Seperti dilansir BBC, Senin (14/11/2016), gambar dan video di media sosial menunjukkan perempuan dan anak-anak termasuk di antara korban yang tewas. Ratusan warga juga terpaksa meninggalkan rumah mereka.

Pasukan keamanan di Rakhine sendiri dikendalikan oleh Aung San Suu Kyi. Namun, ia memilih diam tak berpendapat terkait tewasnya 25 orang ini. Rakhine menjadi kota yang dikunci oleh militer sejak bulan lalu, setelah sembilan polisi tewas karena serangkaian serangan.

Rakhine merupakan rumah bagi satu juta Muslim Rohingya, yang tidak diakui sebagai warga negara Myanmar.

Puluhan ribu warga Rohingya tinggal di kamp-kamp sementara, setelah mengungsi selama pertempuran dengan mayoritas umat Buddha pada 2012. Pertempuran ini juga menyebabkan sejumlah orang tewas.

Rohingya memang tak disukai di Myanmar. Mereka dianggap sebagai imigran ilegal dari Bangladesh. Kelompok-kelompok HAM pun menganggap permasalahan ini sudah melanggar HAM.

LEAVE A REPLY