Turki Kembali Tembak Jatuh Jet Tempur Rezim Suriah, Pesawat Ketiga dalam 3 Hari Terakhir

0
367

LONDON, INGGRIS – Sebuah jet tempur Turki menembak jatuh sebuah pesawat perang rezim Suriah di provinsi barat laut Idlib, Selasa (3/3/2020), kata sebuah kelompok pemantau Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR), penjatuhan yang ketiga dalam tiga hari.

Kantor berita negara Suriah SANA mengatakan pesawat itu “ditargetkan”, setelah dua lainnya ditembak jatuh pada hari Ahad dalam operasi Turki melawan pasukan rezim yang didukung Rusia di wilayah Idlib.

Pada hari Ahad, Ankara mengkonfirmasi bahwa mereka telah meluncurkan operasi militer – dijuluki Operation Spring Shield – terhadap pasukan rezim yang didukung Rusia menyusul bentrokan mematikan bulan lalu.

Ankara menewaskan 19 tentara Suriah dalam serangan pesawat tak berawak pada hari Ahad dan menjatuhkan dua pesawat rezim, kata kementerian pertahanan Turki, serta menghancurkan tiga sistem pertahanan udara Damaskus di provinsi Idlib yang diperangi.

Pesawat tak berawak Turki telah memimpin serangan sengit terhadap pasukan yang setia kepada Bashar al-Assad sejak kematian 34 tentara Turki dalam serangan udara Idlib yang disalahkan pada rezim pekan lalu.

Tetapi Turki tetap bertekad untuk menghindari bentrokan langsung dengan pendukung utama rezim, Moskow, yang dengannya mereka memiliki ikatan pertahanan dan perdagangan yang signifikan.

Meskipun berada di sisi yang berlawanan dari konflik, Turki dan Rusia telah berkoordinasi erat di masa lalu.

Kesepakatan 2018 di Sochi yang diprakarsai keduanya menyebabkan Turki mendirikan selusin pos pengamatan militer di Idlib untuk mencegah ofensif rezim dan arus masuk baru pengungsi ke wilayah Turki.

Damaskus dan Moskow bertekad untuk mendapatkan kembali kendali penuh atas Idlib, benteng oposisi terakhir negara itu, setelah melakukan serangan udara brutal dan kampanye darat yang menghancurkan di provinsi itu.

Pada hari Selasa, serangan udara oleh pasukan pro-rezim menewaskan delapan warga sipil, termasuk empat anak di kota Idlib, menurut sumber-sumber berita oposisi. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

LEAVE A REPLY